Warisan Budaya Bengkulu Yang Tak Terlupakan

    Sepulang dari Jakarta ke Bengkulu jadi bingung nih mau ngapain dan gak mungkin juga full puk 12 hari dirumah aja pastinya ngebosen banget. Ehhh tiba tiba jadi keinget Benteng Malborough, penasaran kenapa saya keingat Benteng Malborough? Karna Benteng Malborough atau juga sering disebut Fort Malborough adalah salah satu warisan Sejarah yang ada di bengkulu.

    Benteng Malborough merupakan peninggalan Inggris pada waktu zaman penjajahan yang didirikan oleh East India Company dibawah pimpinan Joseph callet. Benteng Malborough ini dulunya difungsikan sebagai benteng pertahanan Inggris, pembangunan Benteng Malborough ini dilakukan secara bertahap-tahap selama 5 tahun oleh arsitek India.


    Banyak dan sering juga masyarakat Bengkulu mengunjungi Benteng Malborough, karena di Benteng Malborough bisa di jadikan tempat eksis/foto-foto,eitsss selain dijadikan tempat eksis Benteng Malborough juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk melakukan penelitian tentang sejarah. Ehhh setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat bersejarah ini dapat menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke pantai tapak paderi dan pantai zakat yang terletak tidak jauh dari Benteng Malborough.


    Keberadaan benteng ini sebagai salah satu Cagar budaya yang berada di Bengkulu,dalam upaya melestarikan warisan sejarah cagar budaya Bengkulu pada tanggal 5-7 september 2017 Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB)  Jambi  bekerja sama dengan Komunitas Bengkulu, Himpunan Pramuwisata Bengkulu, dan Media Center Pemprov Bengkulu mengadakan Warskop dengan tema "Jejak warisan Budaya Bengkulu dalam Gerak, Tutur, Nada, dan Coretan.


   Salah satu contoh peninggalan sejarah di Benteng Malborough yaitu Meriam, Meriam ialah sebuah senjata peninggalan inggris yang pada masanya digunakan untuk peperangan. Terdapat 4 meriam yang diletakkan di tempat terpisah, yaitu dua meriam diletakkan disebelah utara dan dua lainnya diletakkan disebelah timur,dan masih banyak lagi peninggalan-peninggalan lainnya yg berada di Benteng Malaborough.

"Tulisan ini di ikut sertakan dalam lomba blog dan #NulisSerempak #BloggerBengkulu dengan tema #WarisanSejarahBudayaBengkulu"




Komentar

Posting Komentar

Terimakasih untuk pesan dan nasehatnya buat Nesti ya ...

Postingan populer dari blog ini

Melawan Sel Monster Jahat

Sahabat, Perkenalkan Namaku Agnes

Semangat Jiwa Mengalahkan Kanker